Variasi Daging Merah ala Double Decker

Menu olahan daging merah masih menjadi sajian utama restoran Double Decker yang mengusung konsep casual dining ini. Kali ini restoran yang terletak di lantai dasar Fave Hotel Solo Baru tepatnya di Jalan Ir Soekarno Solo Baru, Sukoharjo, ini kembali menggeber menu promo periode Juli 2018.

Adalah striploin steak yang jadi menu andalan pada Juli 2018 ini. Tak tanggung-tanggung, restoran yang menyajikan menu western ini membanderol striploin steak dengan promo buy one get one hanya dengan harga Rp99.800 (belum termasuk pajak).

Striploin ini merupakan daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Jenis ini adalah salah satu daging primadona karena teksturnya yang lembut dan rasa juicy dari lemak yang cukup terasa. Daging jenis striploin ini lebih lembut daripada sirloin, tetapi lebih keras daripada tenderloin.

Bentuk striploin pun khas dengan  memanjang dari bagian depan hingga sampai perbatasan pinggul sapi dan membentuk sedikit lempengan daging atau disebut strip.

Striploin steak ini merupakan best seller dan ada promo untuk periode Juli 2018. Daging yang kami gunakan diimpor dari Amerika Serikat [US],” tutur Chef Double Decker, Rohman Yanuar, Kamis (5/7/2018).

Agar rasanya lebih nikmat, striploin steak potongan 200 gram ini bisa dipadukan dengan tiga jenis saus pilihan, yakni barbeque, black pepper, dan mushroom. Tak lupa pula ada tiga pilihan sajian pendamping atau side dish, yakni mashed potato, potato wedges, dan french fries.

Demi menetralisir sajian daging merah yang berat lantaran kandungan  protein tinggi, main course ini juga disajikan dengan salad honey mustard. Salad ini berisi sayuran segar seperti irisan wortel, selada, red cabbage, dan water crest atau selada air yang dipadukan dengan olive oil atau minyak zaitun.

IMG-6309-1024x576 Variasi Daging Merah ala Double Decker
Striploin steak dan wagyu meltique steak di Double Decker.

Main course kedua yang tak kalah menggugah selera adalah wagyu meltique steak. Berbeda dengan striploin yang diimpor dari AS, wagyu ini didatangkan langsung dari Australia. Daging sapi wagyu ini dikenal sebagai daging berkualitas. Selain tekstur dagingnya lembut, pola daging impor ini juga menyerupai marmer. Pola ini dihasilkan dari kandungan lemak tak jenuh yang cukup mendominasi. Adanya lemak tak jenuh inilah yang justru menambah nikmat rasa dagingnya.

Daging wagyu ini direkomendasikan disantap setelah dimasak dalam tingkat kematangan medium atau medium well dan bukan well done. Saat daging sapi masih tampak sedikit kemerahan di tengah, maka daging sapi sudah siap santap. Proses memasak yang tak terlalu lama ini akan menghasilkan cita rasa nikmat dari wagyu lantaran tekstur juicy dan lembut.

Sama seperti striploin steak, wagyu meltique steak ini dihidangkan  dengan tiga saus pilihan, barbeque, mushroom, dan black pepper. Begitu pula dengan side dish yang bisa konsumen pilih antara mashed potato dan potato wedges. Lantaran kualitas daging yang lebih bagus, wagyu meltique steak potongan 200 gram ini dibanderol dengan harga Rp138.800/porsi.

Jika sudah terbiasa dengan olahan daging sapi, pelanggan bisa mencicipi menu baru Double Decker dari daging domba, yakni braised lamb shank. Lamb shank adalah daging domba bagian kaki belakang. Lamb shank ini memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan kaki depan. Bumbu berupa rempah-rempah khusus serta dimasak selama dua jam membuat lamb shank bikinan restoran western ini punya cita rasa khas.

“Saat memasak agar dagingnya empuk, direbus selama dua jam. Selain itu, diberi bawang putih agar tidak terlalu pahit. Seasoningnya ada berbagai rempah-rempah khusus seperti rosemarin [rosemary],” imbuh Yanuar.

Lamb shank potongan 350 gram ini kian nikmat disajikan dengan black pepper sausage dan side dish pilihan, mashed potato atau potato wedges. Menu yang baru diluncurkan kurang lebih dua bulan ini dibanderol dengan harga Rp128.800/porsi.

IMG-6309-1024x576 Variasi Daging Merah ala Double Decker
Braised lamb shank di Double Decker.

Tak hanya mempromosikan main course, restoran yang pada bagian depan berbentuk bus tingkat dengan dilengkapi ruangan outdoor maupun indoor ini juga memperkenalkan dua beverage baru, yakni avocado coffee dan avocado chocolate. Varian minuman ini juga masuk promo buy one get one yang dijual seharga Rp59.800.

Public Relation Double Decker, Tunjung Candra Ervia Danis, menambahkan dua minuman baru ini juga bisa dijadikan dessert lantaran beverage ini tak hanya berisi jus alpukat, tapi juga diberi taburan dark chocolate serta satu scoop es krim. Baik ditabur maupun diblender dengan buah, dark chocolate ini membuat alpukat yang terkadang eneg saat diminum jadi tak terasa.

“Satu gelas ini ada dua buah alpukat yang diblender dengan satu block es batu ukuran kecil. Untuk avocado coffee, alpukat diblender dengan bubuk kopi, sementara untuk avocado chocolate mix dengan dark chocolate yang sudah dilelehkan,” katanya.

IMG-6309-1024x576 Variasi Daging Merah ala Double Decker
Avocado coffee dan avocado chocolate di Double Decker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *