Cerita dari Korea (5): Berjumpa Idola Pujaan Hati

img_2080-e1503575309138 Cerita dari Korea (5): Berjumpa Idola Pujaan Hati
Papan iklan yang menampilkan bintang Korea, Lee Min Ho, di stasiun subway.

Sudah jauh-jauh sampai ke Korea tak apalah jika saya mesti mengikuti kegilaan teman saya, Nopita Maulittian, yang akrab disapa Ata, yang begitu menyukai boyband di bawah naungan YG Entertainment, Big Bang. Akhirnya sampailah kami di rumah para artis K-Pop YG Family di kawasan  Mapo-gu, Hapjeong-dong, Seoul, Oktober 2014 lalu.

YG Building ini punya bangunan yang unik dan mencolok. Teman saya, Ata, yang fans berat leader Big Bang, G-Dragon, ini  tak henti-hentinya tertawa dan tersenyum karena mimpinya untuk datang ke YG kesampaian juga.

Perjalanan ke YG ini bisa dibilang agak dramatis. Selain karena beberapa kali tersesat, hujan deras yang turun bikin jalan-jalan ini makin berkesan. Salah kami juga karena tak melihat prakiraan cuaca hari itu yang bikin kami enggak bawa payung sebelum berangkat dari penginapan di dekat Sungkyunkwan University, di Jongno-gu.

Untungnya, di depan YG ada minimarket buat tempat berteduh sekalian mengisi perut dengan jajan kimbab dan susu. Ternyata kami tak sendiri nongkrong di sini. Ada fans dari Hong Kong dan Tiongkok yang juga berharap bisa bertemu Idol YG Family hari itu. Fans asal Tiongkok itu malah tampil totalitas pakai baju dengan meniru gaya member 2NE1 (sebelum girl band ini bubar), Sandara Park, dengan aksesoris pelengkap berupa topi hitam, yang sempat dipakainya dalam video klip Missing You.

“Saya baru datang ke Seoul kemarin. Tadi agak nyasar juga akhirnya bisa nyampai sini. Siapa tahu bisa ketemu Big Bang,” ujar fans G-Dragon asal Hong Kong yang baru saja saya kenal.

Kegilaan memburu Idol tak berhenti di YG. Lagi-lagi demi ketemu salah satu member Big Bang, TOP, yang menggelar acara fans meeting di Hyundai Departement Store rela kami lakoni. Apalagi letak mal ini begitu jauh di kawasan Apgujeong-dong yang membikin kami harus berhenti di sejumlah stasiun untuk berganti line subway.

Enggak seperti di Indonesia yang hobi naik motor atau mobil pribadi, orang Korea lebih mengandalkan transportasi umum seperti subway atau bus. Tapi, ini sebanding kok dengan tingkat kenyamanan dan keamanan di dalam kendaraan umum itu. Hanya, kita mesti bawa peta jalur subway kemana pun agar tak nyasar. Jika masih bingung, jangan sungkan bertanya kepada mereka. Orang Korea itu ramah lo, bahkan mereka enggak segan mengantarkan ke tempat yang kita maksud.

Semakin dekat ke tempat fans meeting udah terdengar teriakan histeris para VIP, sebutan fans Big Bang. Para penggemar yang rata-rata anak perempuan remaja ini tak henti-hentinya mengelu-elukan nama TOP, rapper Big Bang. Saya cuma bisa melongo melihat keadaan sekitar. Maklum, baru kali ini saya ikut acara jumpa fans yang ternyata begitu heboh.

Daripada ikut berdesak-desakan enggak jelas, saya pilih mengambil jarak agak jauh dari kerumunan, tapi tetap terlihat dari panggung kecil tempat TOP duduk. Melirik teman saya Ata, jangan ditanya. Dia udah antusias ingin foto bareng idolanya itu. Malah ia mau beli tiket demi bisa dapat poster dan tanda tangan sang Idol, sayang, sudah sold out.

Satu-satunya cara yang bisa ia lakukan adalah naik turun eskalator demi menjepret penyanyi yang juga membintangi beberapa judul film itu. Kalau dipikir-pikir ini bukan kali pertama bagi dia lihat langsung TOP.  Ia pernah nonton konser Big Bang saat datang di Jakarta, 2012, lalu rela terbang ke Singapura demi konser YG Family tahun lalu.

Selama di Seoul kami juga cukup beruntung bisa melihat aktor Joo Woon yang menjadi pemeran utama dalam serial drama Bridal Mask, Good Doctor, dan Tomorrow Cantabile. Saat itu ia bersama aktor muda, Ahn Jae Hyun, yang dikenal lewat perannya dalam serial You are All Surroundedbersama Lee Seung Gi dan My Love From Another Star dengan Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun. Keduanya sedang mempromosikan film terbaru mereka, Fashion King, di Doota Mall di Dongdaemun.

“Ini namanya rezeki anak saleh, eonni. Ya ampun enggak nyangka ya kita bisa ketemu mereka,” tutur Ata yang tingkahnya jadi kian aneh sejak berjumpa dengan idolanya.

Begitu pula ketika saya dan Ata berkunjung ke rumah kenalan kami yang orang Korea, Karen, di Busan. Saat itu baru berlangsung acara Busan International Film Festival (BIFF) di Pantai Haeundae. Di tempat ini kami beruntung bisa melihat salah satu aktor besar Korea, Jung Woo Sung, yang bermain dalam satu drama action, Athena. Ketika itu aktor 41 tersebut tengah mempromosikan film terbarunya, Scarlet Innocence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *